Minuman Bersoda Dapat Mempercepat Proses Penuaan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa minuman bersoda bisa memicu banyak penyakit serius, seperti diabetes, obesitas dan penyakit jantung. Namun bukan itu saja efek minum soda. Menurut sebuah penelitian Minuman Bersoda Dapat Mempercepat Proses Penuaan. Simak penjelasannya sibawah ini.

 Minuman Bersoda Dapat Mempercepat Proses Penuaan

Minuman Bersoda Dapat Mempercepat Proses Penuaan | Dilansir dari HelloSehat, Sebuah penelitian dari University of California-San Francisco (UCSF) telah menemukan bahwa rutin minum minuman manis bersoda dapat mempercepat penuaan dari sel kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit kronis.

Menurut Prof. Elissa Epel, peneliti dari penelitian tersebut, mengonsumsi minuman manis bersoda secara rutin dapat memengaruhi perkembangan penyakit. Minuman manis bersoda tidak hanya dapat menyebabkan kurangnya kontrol metabolik gula dalam tubuh, tetapi juga dapat mempercepat penuaan sel-sel dalam jaringan tubuh.

Baca Juga : Obat Penghancur Batu Ginjal

Bagaimana bisa minuman bersoda menyebabkan cepat tua?

Hal ini berkaitan dengan panjang telomer. Telomer dapat menjadi penanda penuaan sel. Telomer merupakan urutan DNA yang berulang yang menutupi ujung kromosom agar tidak berjuntai. Hal ini berfungsi untuk melindungi DNA dari kerusakan. Telomer ini akan menjadi lebih pendek setiap kali sel membelah. Namun, jika telomer terlalu pendek, maka sel bisa berhenti membelah dan mati. Sehingga, panjang telomer dapat menggambarkan atau bahkan menentukan usia biologis sel.

Penelitian sebelumnya juga telah menghubungkan panjang telomer dalam sel darah putih dengan usia. Selain itu, telomer yang pendek juga dapat dihubungkan dengan kerusakan jaringan, pembengkakan, dan resistensi insulin, disertai dengan penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner dan diabetes yang berhubungan dengan penuaan.

Penelitian dari UCSF membuktikan bahwa partisipan yang mengonsumsi minuman bersoda dalam jumlah banyak cenderung memiliki telomer yang lebih pendek. Para peneliti membandingkan panjang telomer (yang dilihat dari sampel darah) dan konsumsi minuman manis bersoda pada setiap partisipan dalam penelitian tersebut, dan hasilnya ada perbedaan. Penelitian yang melibatkan 5309 orang usia 20-65 tahun ini juga menghitung bahwa konsumsi minuman bersoda sebanyak kurang lebih 600 ml setiap hari berhubungan dengan penambahan usia biologis sekitar 4,6 tahun.

Epel menambahkan bahwa walaupun penelitian tersebut hanya melibatkan orang dewasa, namun hasil penelitian ini juga dapat menggambarkan konsumsi minuman bersoda terkait pemendekan telomer pada anak-anak. Penelitian ini dilakukan tanpa memandang usia, ras, pendapatan serta tingkat pendidikan. Lagipula, pemendekan telomer terjadi sebelum penyakit muncul. Jadi, tubuh Anda membutuhkan banyak waktu sampai bisa memunculkan penyakit, yang mungkin Anda mulai memicu penyakit tersebut sejak kecil.

Baca Juga : Obat Herbal Penyumbatan Tuba Falopi

Kesimpulan

Penelitian dari UCSF ini menambah temuan tentang dampak dari konsumsi banyak minuman bersoda, selain dapat menyebabkan obesitas, sindrom metabolik, diabetes, dan penyakit jantung. Minuman bersoda menjadi salah satu hal yang dapat memperpendek panjang telomer Anda, sehingga bisa membuat sel-sel dalam tubuh menjadi lebih cepat menua.

Hal lain yang juga bisa memengaruhi panjang telomer Anda adalah merokok, diet, ras, jenis kelamin, dan kecepatan sel darah dalam membelah. Artinya, dengan menerapkan pola hidup sehat, dengan diet gizi seimbang, olahraga teratur, mengelola stres, dan tidak merokok, maka Anda dapat mempertahankan panjang telomer Anda, sehingga membuka peluang lebih besar untuk hidup lebih lama.

Baca Juga : Tes Kesehatan Yang Perlu Dilakukan Pria

Minuman Bersoda Dapat Mempercepat Proses Penuaan

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit